Ikuti Langkah Menghitung Keperluan Cat Dinding Rumah: Anti Boros

Kamu punyai gagasan untuk mengecat dinding rumah? Selainnya memerhatikan penyeleksian warna cat yang pas, anggaran atau penganggaran sangat perlu untuk dilaksanakan agar bisa mengoptimalkan bujet dan menghindar pemborosan.

Kami akan membagikan langkah hitung keperluan cat dinding rumah hingga kamu dapat mengatur dan memaksimalkan anggaran yang kamu punyai. Untuk lengkapnya, yuks baca langkah hitung keperluan cat dinding rumah berikut ini!

 

Kalkulasi Luas Ruang

Langkah hitung keperluan cat dinding yang pertama dengan hitung luas ruang. Perhitungan luas ruang sangat penting buat kamu kerjakan karena punya pengaruh dalam jumlah cat yang hendak kamu membeli dan untuk ketahui waktu pembuatan yang diperlukan. Coba sempatkan diri untuk hitung luas ruang yang hendak kamu cat.

Rumus Perhitungan Cat Menurut Luas Ruang

Sesudah kamu ketahui luas ruang yang hendak kamu cat, silakan kerjakan langkah hitung keperluan cat dinding rumah seterusnya, yakni hitung keperluan cat menurut luas ruang memakai rumus. Pemakaian rumus ini mempunyai tujuan untuk ketahui jumlah cat yang kamu perlukan. Rumus yang dapat kamu pakai ialah membagikan luas dinding dengan luas 1 ltr. Dalam pada itu, standard penggunaan cat sekitar 10-12 m2 per liter untuk tiap susunan.

Sebagai contoh, dinding ruangmu mempunyai tinggi 3 m dengan luas ruang 3 x 4 m. Karena itu, keperluan cat yang dibutuhkan ialah (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m/ (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 ltr.

Lewat rumus langkah hitung keperluan cat dinding rumah di atas, bisa diambil kesimpulan jika keperluan cat untuk ruang dengan luas 3 x 5 m ialah 3,5 ltr untuk 1x lapisanan. Karena itu untuk 2x lapisanan, dibutuhkan sekitaran 7 ltr cat, untuk 3x lapisanan ialah 10,5 ltr cat, dan demikian selanjutnya.

 

Langkah Hitung Keperluan Cat Dinding Luar Rumah

Untuk hitung keperluan cat dinding luar rumah, kamu harus ketahui ukuran lebar dan tinggi dari dinding luar yang hendak dicat itu. Kemudian, tambah luas tembok yang hendak di cat dengan luas plafon, luas pintu, dan luas jendela. Selanjutnya, untuk dengan daya tebar cat yang umumnya tertera pada cap paket cat.

 

Langkah Hitung Keperluan Cat Berdasar Unit Kg

Bila langkah hitung keperluan cat di atas berdasar unit liter, kamu yang merencanakan beli cat dalam unit kg bisa juga lakukan perhitungan. Adapun, rumus hitung keperluan cat berdasar luas ruang di atas dapat dikalikan dengan koefisien 1.4. Sebagai contoh, bila 1 kali lapisanan cat yang dibutuhkan sekitar 3,5 ltr, karena itu kamu tinggal mengalikannya dengan 1,4 yang hasilnya ialah 4,9 kg cat.

Tetapkan Jumlah Pembelian Cat

Cara paling akhir untuk hitung keperluan cat adalah tentukan jumlah pembelian cat. Sesudah ketahui seberapa banyak jumlah cat yang dibutuhkan, kamu harus tetap memaksimalkan jumlah cat yang hendak kamu beli ke toko material. Sekarang ini, di pasar ada beberapa variasi kaleng cat yang ada sama ukuran 2,5 ltr, 5 ltr, dan 20 liter. Nach, silakan kerjakan penyesuaikan jumlah cat yang dibutuhkan dengan tersedianya ukuran cat yang berada di pasaran hingga pemakaiannya makin maksimal.

Pada proses pengecatan, ada beberapa hal yang perlu kamu kenali, yaitu pelarutan cat yang umumnya membutuhkan tambahan air bersih sekitar lima sampai 25% dari jumlahnya cat. Kadang proses pengecatan membutuhkan lebih satu kali susunan untuk hasil yang optimal. Disamping itu, lihat langkah mengecat dinding yang betul supaya sedikit cat yang kebuang.

Langkah hitung keperluan cat dinding rumah di atas sebagai perhitungan secara kasar karena belum dikurangkan bagian-bagian lain seperti pintu atau jendela. Tetapi, dengan cara hitung keperluan cat dinding rumah di atas, diharap kamu dapat mengoptimalkan bujet dan menghindar pemborosan.