Langkah Mengitung Keperluan Cat Dinding Rumah

Mengecat dinding rumah sebagai hal yang sering dilaksanakan beberapa orang. Namun, mereka terkadang kebingungan untuk meramalkan atau hitung keperluan cat dinding. Saat akan mengecat rumah, memanglah bukan hal gampang untuk hitung seberapa banyak keperluan cat.
Masalahnya bila cat yang Anda beli kurang, ada saatnya keperluan cat yang serupa tak lagi ada atau susah untuk didapat kembali. Kebalikannya, bila berlebihan, tentu saja akan berbuntut pada pemborosan.
Dengan ketahui keperluan jumlah cat dinding, Anda bisa menghindar kelebihan atau kekurangan cat yang terkait dengan pengeluaran anggaran. Untuk secara lengkap, yok baca langkah hitung keperluan cat dinding rumah berikut ini.

Kalkulasi luas ruang

Saat sebelum tentukan jumlahnya cat yang ingin dibeli, lebih dulu kalkulasi keperluan cat dinding berdasar luas ruang. Perhitungan luas ruang sangat penting untuk Anda kerjakan karena bukan saja cuman punya pengaruh dalam jumlah cat yang hendak dibeli, tapi juga lama pembuatan yang diperlukan.

Rumus penghitungan cat

Sesudah Anda ketahui luas ruang yang hendak di cat, seterusnya kalkulasilah keperluan cat dinding dengan memakai rumus. Pemakaian rumus mempunyai tujuan untuk ketahui jumlah cat yang Anda perlukan pada proses pengecatan.
Rumus yang dapat Anda pakai dengan membagikan luas dinding dengan 1 ltr cat. Standard penggunaan cat kurang lebih sekitar 12 mtr. persegi/liter untuk tiap susunan.
Sebagai contoh, Anda mempunyai ruang dengan besar 3 x 5 mtr. dan dengan tinggi 3 mtr.. Karena itu, langkah hitung keperluan cat yang dibutuhkan ialah (2 x ( 3m + 5 m)) x 3 m = 48 mtr. persegi. Lantas, 48 mtr. persegi : 12 mtr. persegi/liter = 4 ltr.
Lewat rumus hitung keperluan cat dinding rumah di atas, bisa diambil kesimpulan jika keperluan cat untuk ruang dengan luas 3 x 5 m ialah 4 ltr untuk 1x lapisanan cat. Karena itu, untuk 2x lapisanan, dibutuhkan sekitaran 8 ltr cat, untuk 3x lapisanan ialah 12 liter cat, dan demikian selanjutnya.

Tetapkan jumlah pembelian cat

Cara paling akhir untuk hitung keperluan cat adalah tentukan jumlah pembeliannya. Sesudah ketahui seberapa banyak jumlah cat yang dibutuhkan, Anda harus tetap memaksimalkan jumlah cat yang akan dibeli.
Harus diingat, jika pada proses pengecatan, pelarutan cat umumnya membutuhkan tambahan air sekitar 5 – 25 % dari jumlahnya cat, bergantung keperluan. Sekarang ini ada beberapa variasi kaleng cat sama ukuran 2,5 ltr, 5 ltr, dan 20 liter.
Selainnya sesuaikan jumlah cat yang dibutuhkan dengan tersedianya ukuran cat yang berada di pasaran, lihat langkah mengecat dinding yang betul supaya sedikit cat yang kebuang

Nach, itu ia beberapa langkah gampang yang dapat Anda kerjakan untuk mempertimbangkan jumlah cat yang Anda butuhkan pada proses pengecatan dinding rumah. Dengan cara hitung keperluan cat dinding rumah di atas, diharap Anda dapat mengoptimalkan anggaran dan menghindar dari pemborosan. Selamat mempraktikkan!