Mau Bisa Hitung Keperluan Cat Per Kg?

Saat ingin ketahui berapa banyak cat yang hendak dipakai, Anda harus tahu langkah hitung keperluan cat per kg. Ini jadi penting karena bisa memengaruhi ongkos yang hendak Anda perlukan. Ditambah lagi bila Anda merenovasi secara keseluruhan, karena bakal ada kepentingan bahan bangunan yang lain harus Anda lihat. Dengan ketahui hal yang ini Anda bisa memprediksi keperluan yang dapat disamakan dengan ongkos. Yok silahkan kita awali.

Langkah Hitung Keperluan Cat per Kg

Kemungkinan beberapa dari Anda telah pahami tentang yang ini. Tetapi bila Anda sampai ke halaman ini, tentu saja Anda masih bimbang dengan hal yang ini. Tetapi Anda tak perlu cemas, dengan ikuti beberapa langkah berikut, Anda bisa hitung keperluan cat per Kg.

1. Kalkulasi Ditambah Dulu Luas Bangunan atau Luas Ruang

Info ini penting karena bisa memengaruhi jumlah cat yang nanti akan Anda membeli dan pakai. Yakinkan Anda memperoleh ukuran yang tepat. Terutama bagi ruang yang hendak memerlukan banyak cat.Bila inginkan hasil lebih individual, seharusnya Anda menyiapkan design atau pattern yang hendak dibikin dan ketahui langkah mengecat dinding yang unik.

2. Prediksikan Keperluan Cat

Setelah itu memprediksi keperluan cat Anda. Untuk memudahkan pekerjaan ini, ada rumus yang dapat dipakai. Untuk luas dinding dengan 1 ltr cat. Perlu dicatat jika standard penggunaan cat ialah sekitar 12 m2 /liter untuk tiap susunan.

Misalnya ialah sebuah ruang dengan luas 4×6 mtr. dan mempunyai tinggi 3 mtr., hingga perhitungannya bisa menjadi:

(2 x ( 6m + 4 m)) x 3 m = 60 m2

Lalu untuk dengan standard penggunaan cat secara umum, hingga:

60 : 12 = 5 ltr

Hingga, untuk ruang 4×6 mtr. dengan tinggi 3 mtr. akan diperlukan 5 ltr cat dalam 1x lapisanan. Untuk lapisanan seterusnya Anda perlu mengkalikannya dalam jumlah lapisanan, 4 kali lapisanan memiliki arti 4 x 5 = 20 liter.

3. Alterasi Liter ke Kg

Untuk pemasaran cat, ada banyak lokasi yang menjualnya dalam unit liter dan ada pula dalam unit kg . Maka Anda harus tahu jumlah cat yang diperlukan dalam ukuran liter dan ukuran kg. Untuk mengganti liter jadi kg, Anda cukup mengkalikannya dengan koefisien 1,4. Kita mengambil contoh di atas, untuk ruang 4×6 mtr. dengan tinggi 3 mtr. akan diperlukan 5 ltr cat dalam 1x lapisanan. Bila jumlah ini kita ganti jadi kg, karena itu:

5 x 1,4 = 7

Maknanya, akan diperlukan 7 kg cat untuk lakukan 1 kali lapisanan sama ukuran ruang itu

‚Äč
4. Tentukan Jumlah Pembelian Cat

Sekarang waktunya tentukan jumlah pembelian cat. Sama seperti yang dijumpai, variasi cat kaleng yang tersebar di pasar cukup bermacam, ada yang dalam liter dan ada pula dalam Kg. Kita perlu tentukan secara tepat agar meminimalkan kelebihan cat, sekalian tekan bujet untuk berbelanja bahan supaya dapat semakin maksimal.

Untuk mengecat, akan dibutuhkan tambahan air bersih sekitaran 5-25% dari jumlahnya cat. Tidak boleh lupakan factor ini supaya jumlah pembelian cat Anda tidak berlebihan

Tentukan Ukuran Air pada Cat

Keperluan air saat pengecatan benar-benar bergantung dari kualitas cat yang dipakai.

Bila saja, cairan cat yang dipakai telah termasuk encer, karena itu keperluan air sebagai pencair tambahan kemungkinan tidak kebanyakan.

Kebalikannya, bila cat terlampau kental, karena itu jumlah air sebagai pencair juga dapat semakin banyak.

Pada beberapa kasus, jumlah ukuran air pencair cat bisa dibaca pada paket cat.

Produsen cat Dulux mereferensikan: untuk cat lapis pertama, sekitar 20% air bisa dipertambah pada cat. Untuk lapis ke-2 , cukup dipakai air sekitar 10%.

Untuk hasil terbaik saat pengecatan, tidak cuman ukuran air yang punya pengaruh.

Keadaan dinding yang dicat lah yang menggenggam dampak paling besar berdasar hasil pengecatan.

Karena itu, saat sebelum mengecat, siapkan dinding sebagus-baiknya. Hal yang penting jadi perhatian diantaranya:

1. Jika keadaan cat lama masih juga dalam kondisi baik, membersihkan tembok permukaan sama air bertekanan tinggi atau pakai detergent.

2. Jika cat lama telah mengapur / terkelupas kerjakan pengerokan pada cat lama.

3. Semprot air bertekanan tinggi atau yakinkan supaya tembok bebas debu.

4. Membersihkan dengan detergent jika ada minyak pada tembok permukaan.

5. Beri satu lapis sealer dan alkali killer untuk menolong perekatan cat.

6. Sesudah dinding siap, mulai mengecat sama sesuai panduan pengecatan pada kaleng cat.

Nach, dengan ikuti cara di atas, Anda bisa penuhi keperluan cat dengan cocok, hingga bujet yang dikeluarkan tidak berlebihan.