Membersihkan Roller Cat Dengan Cara Sederhana

Cat adalah salah satu cara paling ekonomis dan cepat untuk mengubah tampilan ruangan atau perabot. Salah satu alat terbaik untuk sebagian besar proyek pengecatan adalah roller cat. Rol cat mencakup lebih banyak area daripada kuas dengan jumlah usaha yang sama, dan beberapa bingkai rol cat memiliki pegangan yang dapat diperpanjang untuk memperluas jangkauan Anda. Rol dan bingkai memiliki lebar yang berbeda agar sesuai dengan tugas dan tekstur yang berbeda untuk memberikan hasil yang Anda inginkan.

Banyak DIYers mengambil jalan keluar yang malas dan hanya melemparkan rol cat saat pekerjaan selesai. Itu pasti salah satu cara untuk membersihkan, tetapi biaya pembelian roller baru untuk setiap proyek dapat bertambah, terutama jika Anda berencana untuk mengecat beberapa ruangan atau potongan. Plus, penutup rol cat berkualitas lebih tinggi yang harganya sedikit lebih mahal (dan Anda ingin menggunakannya kembali untuk mendapatkan nilai uang Anda) akan memberi Anda hasil akhir cat yang lebih baik.

Langkah-langkah membersihkan roller cat dengan cara sederhana jika Anda mengikuti panduan untuk berbagai jenis cat. Kami akan memperlihatkan cara membersihkan roller cat, bingkai, dan baki cat sehingga Anda dapat menghemat uang dan peralatan Anda.

Seberapa Sering Membersihkan Roller Cat

Rol cat harus dibersihkan pada akhir setiap sesi pengecatan. Pembersihan jauh lebih mudah dan lebih berhasil saat cat basah. Jangan lupa juga untuk membersihkan rangka roller dan baki cat.

Tip

Jika Anda perlu istirahat sejenak selama sesi pengecatan, tempatkan rol cat ke dalam kantong plastik besar dan ikat kantong hingga tertutup di sekitar pegangannya. Selipkan baki cat ke dalam kantong terpisah dan ikat juga. Ini akan mencegah cat mengering sampai Anda bisa kembali bekerja.

Apa yang Anda Butuhkan

Peralatan / Alat

  • Keranjang
  • Kape
  • Kuas berbulu kaku
  • Sarung tangan karet
  • Perlindungan mata

Bahan:

  • Cairan pencuci piring
  • Roh mineral
  • Koran
  • Kain tua
  • Wadah sekali pakai

Instruksi

Jika Anda perlu istirahat sejenak selama sesi pengecatan, tempatkan rol cat ke dalam kantong plastik besar dan ikat kantong hingga tertutup di sekitar pegangannya. Selipkan baki cat ke dalam kantong terpisah dan ikat juga. Ini akan mencegah cat mengering sampai Anda bisa kembali bekerja.

This image has an empty alt attribute; its file name is bahtiar-1-1024x683.png

The Spruce / Meg MacDonald

Pembersih Cat Berbasis Air atau Lateks

1. Hapus Kelebihan Cat

Rol cat menahan jumlah cat yang luar biasa dalam serat penyerapnya. Gunakan pisau dempul untuk mengikis sisa cat dengan lembut ke dalam kaleng cat. Pegang rol tegak lurus di atas bukaan kaleng dan perlahan dan perlahan kerjakan di sekitar permukaan rol dengan gerakan ke bawah.

Selesaikan dengan menggunakan sisa cat pada rol untuk menyentuh titik-titik kosong di dinding Anda atau gulingkan kelebihan cat pada koran sampai rol berhenti melepaskan cat.

The Spruce / Meg MacDonald

2. Lepaskan Rol untuk Membersihkan Bingkai

Mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda, tarik rol dari bingkai. Jauh lebih mudah untuk membersihkan bingkai saat cat di atasnya basah. Masukkan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam ember. Gunakan lap tua atau sikat berbulu kaku untuk menghilangkan cat dari bingkai dan pegangan rol. Sisihkan untuk dikeringkan.

The Spruce / Meg MacDonald

3. Cuci Rollernya

Rendam rol dalam ember berisi air hangat dengan beberapa tetes cairan pencuci piring. Gunakan tangan Anda untuk memijat cat dari serat rol, pastikan Anda membersihkan setiap permukaan.

The Spruce / Meg MacDonald

4. Bilas Roller

Gunakan aliran air tawar atau seember air segar untuk membilas roller. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Buang kelebihan air.

The Spruce / Meg MacDonald

5. Keringkan Rolnya

Jangan sekali-kali meletakkan rol di sisinya agar kering—ini akan meratakan serat. Letakkan tegak di ujungnya atau selipkan di atas gantungan celana hingga kering.

The Spruce / Meg MacDonald

6. Bersihkan Baki Cat

Bilas baki cat dalam seember air sabun. Gunakan sikat berbulu kaku untuk menghilangkan cat kering di sepanjang tepinya.

Jika Anda tidak terburu-buru dan menggunakan baki plastik atau liner baki plastik, biarkan cat mengering lalu kupas saja. Metode ini dapat memiliki hasil yang bervariasi.

The Spruce / Meg MacDonald

7. Buang Air Pembersih

Karena air pembersih mengandung sedikit cat, jangan pernah membuangnya ke saluran pembuangan air hujan. Buang air ke saluran pembuangan yang terhubung ke fasilitas pengolahan air.

The Spruce / Meg MacDonald

Pembersih Cat Berbasis Minyak

Seperti halnya cat lateks, selalu singkirkan cat berlebih dari roller sebanyak mungkin. Perbedaan terbesar dalam membersihkan rol cat setelah menggunakan cat berbasis minyak adalah bahwa pelarut seperti roh mineral harus digunakan untuk menghilangkan cat berbasis minyak.

PERINGATAN

Selalu kenakan sarung tangan karet dan pelindung mata saat membersihkan dengan pelarut untuk mencegah iritasi kulit dan percikan ke mata.

1. Bersihkan Rangka Roller dan Baki Cat

Basahi lap tua dengan roh mineral dan gosok semua cat yang menempel pada bingkai rol dan baki cat. Anda mungkin perlu menggunakan sikat berbulu kaku atau menuangkan sedikit mineral spirit ke dalam baki cat untuk menghilangkan cat kering.

The Spruce / Meg MacDonald

2. Gunakan Pelarut untuk Membersihkan Roller

Tempatkan roh mineral yang cukup dalam ember untuk menutupi rol cat sepenuhnya. Gunakan wadah sekecil mungkin untuk mengurangi jumlah pelarut yang dibutuhkan. Mengenakan sarung tangan karet, gunakan tangan Anda untuk mengerjakan pelarut melalui serat roller cat. Ini akan memakan waktu lima hingga 10 menit. Lepaskan rol dari pelarut dan gunakan tangan Anda yang bersarung tangan untuk memeras sebanyak mungkin sisa mineral spirit.

Tuangkan roh mineral kotor ke dalam wadah sekali pakai. Bersihkan ember dengan lap tua. Isi kembali ember dengan roh mineral segar yang cukup untuk membilas rol. Setelah rol dibilas, peras perlahan untuk menghilangkan kelebihan pelarut.

Isi ember dengan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring. Berikan rol cat pembersihan akhir dalam air sabun. Bilas dengan baik di air tawar dan dengan lembut peras kelebihan air. Atur rol di ujungnya atau gantung hingga kering.

Tuangkan kumpulan terakhir roh mineral ke dalam wadah sekali pakai. Selalu ikuti pedoman kotamadya Anda untuk membuang wadah.

The Spruce / Meg MacDonald

Source:thespruce.com