Mengecat Batu Bata Terekspos Pada Dinding Rumah

Mengecat batu bata mengekspos adalah langkah yang gampang untuk melakukan renovasi rumah. Karena tanpa diplester juga baik pada dinding exterior dan interior, struktur batu bata yang dibeber akan hasilkan style dan keelokan yang lain.

Untuk mengecat batu bata mengekspos, Anda bisa pilih warna tertentu. Warna batu bata yang baik misalkan putih, merah, atau cukup melapisnya dengan warna terbuka agar tutup pori-pori dinding bata itu.

Langkah Mengecat Batu Bata Mengekspos

Batu bata mempunyai pori-pori yang lumayan besar. Dengan pori-pori yang besar ini, air akan gampang teresap sampai membuat bata jadi lembab. Mengakibatkan bata akan gampang banyak lumut dan jamur. Yang sudah pasti, jamur dan lumut ini akan kurangi keelokan batu bata pada dinding rumah Anda.

Dengan kekurangan itu, bisa disebutkan mengecat dinding bata mengekspos tidak sesimpel mengecat drywall rumah yang diplester. Bila tidak dilaksanakan secara benar, tugas ini dapat usai dengan percuma. Bisa saja catnya terkelupas, bahkan juga bisa membuat lapisannya terbakar. Aduh! Tidak mau peristiwa ini menerpa Anda kan?? Karenanya, kami beri Anda panduan bagaimana mengecat batu bata Terekspos pada dinding rumah.

1. Tidak boleh dicat jika dinding bata Anda masih baru

Dinding bata yang baru dibuat bukan kanvas yang baik. Karena batu bata dan mortar akan keluarkan zat bubuk yang dapat mengacau hasil catnya kelak . Maka berikan jarak minimum sebulan saat sebelum dinding itu siap untuk dicat.

2. Membersihkan semua debu dan puing saat sebelum mengecat

Yakinkan jika permukaan batu bata betul-betul bersih dari beberapa puing atau bintik berminyak. Untuk membersihkan, bersihkan bata sama air. Pencucian enteng umumnya cukup buat dinding bata exterior. Untuk dinding interior, pembersihan secara detail dengan sabun dan air harus dilaksanakan. Biarkan sampai jadi kering, lalu tambal retakan dengan mortar jika dibutuhkan.

3. Langkah pertama mengecat bata: Primer

Baik dinding bata yang telah tua atau baru satu bulan, dinding interior atau exterior, Anda harus memakai cat primer. Karena cat primer berikut yang hendak ‘menggigit’ ke batu bata. Makin baik Anda mengimplementasikan primernya karena itu pori-pori pada bata akan dibuntel dengan makin baik. Nanti susunan primer ini akan masuk ke semua pojok dan sela dan membuat cat makin menempel.

Pilih primer yang dibikin untuk bata dan batu. Primer ini umumnya sedikit tipis, yang menolong primer tembus ke atas memiliki pori bata dan mengikat bahan kapur. Primer mempunyai ketahanan alkali yang semakin tinggi, yang bisa jaga susunan permukaan cat supaya tidak terbakar alkali. Disamping itu pilih primer berbasiskan air bila Anda merencanakan memakai cat lateks, atau tentukan primer berbasiskan minyak untuk cat minyak.

4. Pakai perlengkapan yang pas

Karena tugas ini bermasalah berbahan yang kasar, karena itu Anda memerlukan aplikasi yang tahan pada keausan. Pakai sikat bulu-bulu sintetis dan tidak boleh yang murahan. Kami mereferensikan kuas yang ada di Super Bangun Jaya.

Bila Anda mengecat tempat yang bertambah luas dan ingin memakai roller, pilih roller dengan siang tinggi — minimum 1/2 inch — yang bisa mengantar primer masuk ke semua sela. Satu kembali, bila Anda memakai cat semprot, kerjakan susunan ulangi dengan roller basah saat Anda usai menyemprotkankannya agar primer betul-betul masuk ke atas batu bata.

5. Mulai Mengecat

Sesudah lakukan tugas dasar, sekarang Anda bisa meneruskan dan mengecat susunan atas dengan warna opsi Anda. Anda bisa memakai cat akrilik berbahan dasar air untuk pemakaian interior. Untuk opsi bahan warna batu bata yang lain, cat lateks semakin lebih cepat kering serta lebih gampang dibikin bersih, dan cat dengan bahan dasar minyak akan jadi kering semakin lama.

6. Lapisi kembali dengan Cat

Sama seperti yang telah disebut sebelumnya, batu bata mengekspos semakin banyak mempunyai pori dibandingkan drywall biasa. Karenanya, minimal Anda membutuhkan minimal 2x pengecatan untuk membikin hasil yang prima. Tetapi sebelumnya tidak boleh paksakan menindih cat yang belum kering. Diamkan tiap susunan kering seutuhnya saat sebelum menambal dengan susunan baru. Panduan, tidak boleh kerjakan pengecatan lebih dari 4 lapis.

Itu 6 cara gampang untuk mengecat batu bata mengekspos pada dinding interior dan exterior rumah Anda.